INDIE streaming

Makna Syahadat dan Hakekat Syahadat

Basmallah

Sumpah Syahdat menyakini bahwa tidak ada Tuhan selain ALLAH, dan bahwa ALLAH satu-satunya Tuhan, satu-satunya Pencipta, satu-satunya Pengerak..

Apa pun dimana pun, maka meyakini pula bahwa semua Agama, semua Bahasa, semua Budaya adalah buatan  ALLAH ciptaan ALLAH, karena tidak ada Penciptaan selain ALLAH.

Sebagai Tuhan sifat mutlaknya Adil dan Bijaksana, maka memberikan kebenaran yang sama untuk semua Agama dan Kebaikan untuk semua Bahasa Budaya dan Pakaian.

Karena tidak ada pakaian yang lebih baik, dan buruk di hadapan ALLAH.

Karena itu semua adalah sama saja, dan nampak beda jika disesuaikan dengan porsi Alamnya, sebab Agama dan Bahasa Budaya adalah Ciptaan NYA sebagai alat untuk kenyamanan hidup manusia.

Tentu saja manusia yang hidup di gurun, dan di kutub, akan punya hukum Agama, dan Bahasa Budaya yang berbeda, karena keadaan Alamnya yang bertolak belakang.

Jadi akan sangat mengerankan, jika manusia mengunakan Koteka di padang pasir, yang mana akan bertolak belakang dengan kondisi Budaya dan Alam setempat, dan sebaliknya..

Lalu jika kita mengingat pepatah dahulu "Dimana Kamu Berpijak di Situ Langit Dijunjung" jawabannya adalah Benar.

Dan jika kamu tinggal di gurun pakai hukum gurun, jangan ngotot ingin pakai baju astronot dari kutub, bisa-bisa buat kamu celaka, meskipun baju tersebut jika dipakai di kutub bisa menyelamatkanmu.

Begitu pula jangan berharap memakai koteka di kutub bisa mebuat kamu nyaman.

Dan lalu kenapa cuma kamu saja yang mengira Agamamu yang benar, hanya hukummu saja yang benar, dan hanya Budayamu saja yang benar.

Jika kamu merasa, tetap merasa benar, dengan mengamati poin-poin di atas, berarti kamu telah berdusta dan mengingkari Sumpah Syahadatmu

Dan jika kamu benar benar dengan Sumpahmu, maka seharusnya kamu tenggang rasa yang sudah ada di Pancasilamu.

Karena Alquran dan Pancasila adalah karyanya sang Pencipta, dan kita sebagai mahluknya harus saling menghormati, saling menjunjung tinggi, meskipun beda Budaya, beda Bahasa dan beda Agama.

Karena Bahasa dan Budaya adalah Karunia NYA, Anugrah NYA, dan semua itu rahmat bagi seluruh Alam.

Iulah Pelaksanaan Sumpah Syahadat

Jika kita berkaca pada rujuk Alquran ALLAH berfirman.
بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ
SURAT AR RUM : 22
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-NYA ialah menciptakan Langit dan Bumi dan Berlain-lainan Bahasamu dan Warna Kulitmu.
Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

QS AL HUJURAT :13
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang Laki-laki dan seorang Perempuan dan menjadikan kamu Berbangsa-bangsa dan Bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. 
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi ALLAH ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya ALLAH Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Ikhsan)

semoga bermanfaat
salam rahayu bagi kita semua

Foto : Istw