INDIE streaming

Petahana Nomor Urut 1 dan Nur Supriyanto 2 pada Pilkada Kota Bekasi Mendatang

Monitor Bekasi - Pilkada Kota Bekasi
Bekasi, (d'MonitorBekasi) - KPU (Komisi Pemilihan Umum)  Kota Bekasi menetapkan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi. Pasangan Rahmat Effendi-Tri Adhianto mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus mendapat nomor urut 2. Proses penetapannya cukup alot, dimana pengundian nomer urut sempat diskors selama sepuluh menit.

Calon petahana Rahmat Effendi mempersilakan pasangan Nur Supriyanto untuk lebih dahulu memilih media penentu nomor antrean yang ada dalam ketupat. Pasalnya pendukung pasangan calon dari Nur Supriyanto dan Adhy Firdaus (Nur Firdaus) komplain dengan mekanisme pengambilan urutan nomor yang dilakukan KPU.

Hal ini disebabkan mekanisme yang dirasa tidak adil dan tidak transparan oleh pasangan Nur Firdaus. Sebab ada perbedaan dalam ukuran dua ketupat yang dibuat oleh KPU.

Mereka lalu memberikan ide kepada KPU, agar menggunakan mekanisme yang lebih sederhana, dan transparan, seperti pengundian di wadah kaca. KPU kemudian mengganti dua ketupat yang berbeda ukuran itu, dengan dua tabung.

Ucu mengatakan, dana kampanye yang harus dipakai masing-masing calon dibatasi hanya Rp 43 miliar. Namun demikian, masing-masing calon harus terlebih dahulu memberikan laporan dana kampanye. Dalam laporan kampanye nanti,  negara akan membatasi pemakaiannya. Dana yang dipersilahkan dipakai untuk masa kampanye sebesar Rp 43 miliar. Adapun bila nantinya ditemukan ada sisa anggaran setelah adanya penerimaan, maka akan dialihkan ke kas negara. (SM) | Foto : Istimewa