Biografi dan Profil Rahmat Effendi - Biodata Walikota Bekasi

Bekasi, (d'MonitorBekasi) - Rahmat Effendi yang akrab disapa Bang Pepen resmi menjabat Wali Kota Bekasi pada 2 Mei 2012. Saat itu, dirinya menggantikan posisi Mochtar Muhammad yang tersandung kasus korupsi. Setahun kemudian, pada Pilwalkot Bekasi 2013, Rahmat kembali terpilih dengan didampingi Ahmad Syaikhu sebagai wakilnya.

Memulai karier dari bawah sebagai asisten di bagian pergudangan, lalu sebagai supervisor logistik di PT Halliburton. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, ia mampu mendirikan perusahaan bernama PT Rampita Aditama.

Hal ini pula yang dilakukannya dalam dunia politik yang ditekuninya, Rahmat merintis karier hingga sampai bisa duduk di kursi wali kota.

Di Partai Golkar, ia merintis mulai dari pimpinan kelurahan di Pekayon, kemudian bertugas menjadi pengurus kecamatan, hingga menjadi ketua DPD partai berlambang Pohon Beringin.

Pada 1999, Rahmat terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bekasi. Dirinya semakin eksis, saat sebagai anggota dewan sampai pada puncaknya, ketika ia ditunjuk menjabat Ketua DPRD pada periode 2004-2008.

Di balik kesibukannya sebagai Wali Kota, Rahmat tetap aktif berorganisasi. Setidaknya, ia tercatat telah memimpin sepuluh organisasi baik itu olahraga, kemasyarakatan, dan organisasi kepemudaan.

Pria yang pernah bercita-cita menjadi seorang marinir ini, adalah pengurus PSSI Jawa Barat, Penasehat ORARI Kota Bekasi, Ketua Perbasi Kota Bekasi, dan Pengurus KONI Jawa Barat.  (HZ) | Foto : Istimewa